Keuntungan Kompetitif Arsitek

Ketika menulis tentang keunggulan kompetitif, orang langsung berpikir tentang Michael Porter. Ketika memperluas bidang analisisnya, orang bisa bertanya-tanya apakah beberapa profesional

memiliki keunggulan kompetitif di atas yang lain. Misalnya: apakah seorang arsitek memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan konsultan bisnis atau penasihat?



Pertanyaan pertama adalah daripada bertanya di mana keduanya (arsitek versus konsultan bisnis atau penasihat manajemen) bersaing? Domain mereka tampak sangat berbeda pada awalnya.

Namun melihat lebih dekat menunjukkan bahwa ini tidak sepenuhnya benar. Keduanya bekerja dengan organisasi, dikontrak oleh manajer yang merupakan sponsor proyek mereka. Arsitek memiliki peran penasehat selama tahap awal proyek di mana ia akan memberi nasihat tentang solusi. Dalam kebanyakan kasus solusinya adalah dengan membangun kantor baru atau katakanlah: rumah sakit.

Penasihat manajemen terlibat dalam proses ini menasihati manajer tentang apa yang harus dilakukan terbaik. Dia mungkin mengembangkan beberapa skenario di mana rumah sakit baru adalah salah satu solusinya, tetapi skenario lain mungkin tidak melibatkan batu bata dan mortir.

Keunggulan kompetitif arsitek berada di:

1. Profesinya. Arsitek adalah para profesional yang telah belajar, menerima gelar dan dimeteraikan ke dalam karir mereka dengan cara yang sama seperti pengacara. Seluruh lintasan ini menawarkan kepercayaan sponsor bisnis bahwa ketika mempekerjakan seorang arsitek mereka dapat mempercayai hasil dari proses tersebut. Jelas ada banyak contoh di mana bangunan tidak berfungsi, bocor saat pengiriman atau malpraktek lainnya, tetapi itu bersifat universal dan tidak terbatas pada profesi arsitektur atau industri. Judul jasa desain arsitek online adalah judul yang dilindungi yang hanya dapat digunakan oleh arsitek asli.

Konsultan bisnis atau penasihat di sisi lain mungkin memiliki latar belakang akademis, namun keahlian mereka kurang fokus dan gelar mereka ... hanya apa adanya.

2. Bangunan dan konstruksi.
Bangunan dan konstruksi imajinatif. Ketika mengontrak arsitek, sponsor bisnis paling sering sudah tahu bahwa dia menginginkan rumah sakit baru. Satu-satunya pertanyaan adalah bagaimana dan apa tepatnya. Sebuah gedung baru dapat melayani inovasi lebih mudah daripada yang dapat dilakukan reorganisasi, dan bahkan ketika efek dari bangunan baru hanya bertahan sementara solusi untuk membangun kemenangan dalam proses pengambilan keputusan emosional. Itulah yang diinginkan orang. Itu seksi dan baru (muda) lebih baik daripada yang lama.

3. Bahasa arsitek.
Keunggulan kompetitif ketiga dari arsitek terletak pada domain bahasa. Arsitek tidak bisa seperti yang lain (konsultan bisnis atau penasihat) untuk berbicara dalam bahasa yang dipahami semua orang di perusahaan. Ini adalah bahasa desain masa depan, tetapi juga salah satu realitas saat ini, solusi dan gaya di mana semua pemangku kepentingan dapat memiliki pendapat mereka. Dan semua orang mungkin memiliki pendapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar